Arti Kata al Barru

By Muhammad Rusli Malik
In Intro
January 17, 2015
0 Comments
2395 Views

Tentang al-BarruNama al Barru terambil dari: 1). Salah satu Nama Allah yang disebutkan dalam S.52 ayat 28:

Artinya: “Sungguh kami dahulu (di dunia) berdoa kepada-Nya. Sesungguhnya Dia-lah al-Barru (yang Maha Melimpahkan kebaikan) al-Rahim (lagi Maha Penyayang)”.

Jadi dalam konteks ini, kata al-Barru adalah caranya Allah (melalui al-Qur’an) menyebut diri-Nya sebagai “sumber segala kebaikan”. Sehingga tidak ada satupun kebaikan yang dapat kita (manusia) bayangkan tanpa bersumber dari-Nya. Manusia tidak bisa ‘menciptakan’ kebaikan. Manusia hanya bisa ‘mengaktualkan’ kebaikan yang memang sudah ada secara potensial di dalam dirinya.

Artinya: “Apa saja kebajikan yang terjadi pada dirimu, maka pasti dari Allah; dan apa saja keburukan yang terjadi pada dirimu, maka pasti (juga) dari dirimu. Kami mengutusmu kepada manusia sebagai seorang Rasul . Dan cukuplah Allah sebagai saksi.” (S.4:79)
2). Salah satu kosa kata al-Qur’an yang berarti “darat”. Maka selalu–dalam penggunaannya –dipasangkan dengan al-bahr (laut). Dalam pengertian ini, muncul 12 kali dalam al-Qur’an. Contohnya:
Artinya: “Telah nampak kerusakan di darat (al-barru) dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (S.30:41)

3). Apabila huruf ‘ba’ dikasrah (diberi harakat atau digaris bawah)–sehingga terbaca al-birr–maka artinya menjadi “kebaikan” yang dalam Bahasa Inggeris mungkin bisa disamakan dengan charity atau piety. Dalam al-Qur’an, bentuk ini muncul sebanyak 8 kali. Contohnya:

Artinya: “Kalian benar-benar belum sampai kepada al-birr (kebajikan yang sempurna), hingga kalian (mampu) menginfakkan harta yang kalian cintai (di Jalan Allah). Dan apa saja yang kalian infakkan maka sungguh Allah mengetahuinya.” (S.3:92)

Maka kalau tafsir ini menggunakan kata al Barru, tentu maksudnya: 1). Agar benar-benar bisa menjadi sumber ajaran kebaikan yang bisa menginspirasi pembacanya mengatualisasikan seluruh potensi kebaikan yang masih tersimpan rapih di dalam dirinya; 2). Agar benar-benar menjadi tempat berpijak yang kokoh sepertimana daratan yang menjadi tempat manusia menjalankan tugas-tugas kemanusiaannya.
Semoga…!!!

About Has 241 Posts

Do not criticize too much, too much criticism leads to hate and bad behaviour. -Imam Ali (AS)

Leave a Reply