Kapal Induk Baru Inggris HMS Queen Elizabeth Digunakan AS

By alle
In Berita
November 27, 2014
0 Comments
1903 Views

 

Kapal Induk HMS Queen ElizabethLondon – Pesawat-pesawat tempur AS kemungkinan bakal menjadi yang pertama mendarat dan tinggal landas di landasan pacu kapal induk terbaru Inggris, HMS Queen Elizabeth. Hal ini disebabkan tertundanya pengiriman pesawat-pesawat tempur F-35B oleh AS kepada AL Inggris.

Sebagimana dilaporkan oleh BBC News, Rabu (26/11) petang, Korps Marinir AS akan ditawari untuk menggunakan HMS Queen Elizabeth bagi operasi-operasi tempur mereka setelah adanya ketidakjelasan mengenai pengiriman pesawat-pesawat tempur buatan AS F-35 ke Inggris.

Pesawat-pesawat itu rencananya bakal diterima Inggris pada tahun 2018, namun, karena adanya beberapa masalah teknis pada pesawat tersebut yang masih belum terpecahkan, pengiriman belum bisa ditentukan saat ini.

Bahkan, meski tanpa penundaan, skuadron-skuadron tempur F-35 Inggris baru akan siap beroperasi pada tahun 2021. Hal itu mengakibatkan HMS Queen Elizabeth diresmikan Juli lalu, bakal “menganggur” cukup lama.

Pada Februari lalu BBC mendapatkan informasi pengiriman pesawat-pesawat F-35 akan dilakukan “dalam beberapa hari”. Namun munculnya beberapa kecelakaan F-35 yang diakibatkan oleh masalah teknis, mengakibatkan pengiriman itu tertunda-tunda.

Bulan lalu Inggris memesan 4 pesawat F-35 untuk melakukan ujicoba pendaratan dan peluncuran dari atas HMS Queen Elizabeth sekaligus memungkinkan penerbangan pertama HMS Queen Elizabeth dilakukan oleh pesawat dan pilot-pilot Inggris. Namun, hal ini  pun ternyata belum memungkinkan karena masalah yang sama.

HMS Queen Elizabeth adalah kapal induk terbesar yang pernah dimiliki Inggris dan saat ini menjadi satu-satunya kapal induk Inggris yang beroperasi. Berbobot 65.000 ton, kapal induk ini didisain untuk didarati oleh pesawat terbang yang tinggal landas secara vertikal (VTOL) seperti F-35B dan mampu menampung 40 pesawat. Sementara pesawat VTOL buatan Inggris “Sea Harrier” telah pensiun beberapa tahun lalu.(ca)

About Has 20 Posts

"Everything should be as simple as possible, but not simpler." - Albert Einstein

Leave a Reply