AMAL

By Muhammad Rusli Malik
In Artikel Pendidikan
January 23, 2017
0 Comments
341 Views

Dalam Alquran kata amal biasanya didahului oleh kata iman dan disusul dengan kata saleh. Ini isyarat yang sangat penting untuk memahami makna kata amal.

Amal berarti perbuatan. Dan perbuatan itu sendiri adalah sifat alamiah yang melekat pada tubuh (manusia ataupun hewan) untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Jadi pada manusia dan hewan selalu ada dua unsur ini: tubuh dan perbuatan. Jika yang ada tinggal tubuh, maka mayat atau bangkai namanya. Itu sebabnya Allah berfirman: “Dan Allah-lah yang menciptakan kalian dan apa yang kalian perbuat”. (37:96)

Lalu apa perbedaan perbuatan manusia dan hewan? Jawabannya: *motif*. Perbuatan hewan tak punya motif. Perbuatan manusia punya motif, karena hanya manusialah yang punya *shadr* (kesadaran). Di sinilah muncul nilai. Perbuatan yang motifnya buruk disebut perbuatan buruk. Yang motifnya baik disebut perbuatan baik. Perbuatan yang motifnya hanya dunia disebut duniawi. Yang motifnya untuk menggapai rida Tuhan disebut perbuatan ilahi atau ukhrawi.

Sekarang kelihatan betapa pentingnya iman mendahulu amal, bukan? Yaitu, tidak mungkin perbuatan seseorang itu bermotif menggapai rida Tuhan jika yang bersangkutan tidak mengimani-Nya. Dan karena Tuhan itu adalah Zat yang pada-Nya berkumpul dan berpuncak segala kebaikan, maka semestinya tiap perbuatan yang dimotivasi oleh iman pasti saleh, pasti melindungi dan memuliakan nilai-nilai kemanusiaan.

Kalau ada perbuatan yang katanya didorong oleh semangat iman tetapi melahirkan perpecahan, kekacauan atau pertumpahan darah, maka pastilah itu kebohongan besar.

وَقَالَ الَّذِيْنَ اتَّبَعُوْا لَوْ اَنَّ لَنَا كَرَّةً فَنَتَبَرَّاَ مِنْهُمْ كَمَا تَبَرَّءُوْا مِنَّا ؕ كَذٰلِكَ يُرِيْهِمُ اللّٰهُ اَعْمَالَهُمْ حَسَرٰتٍ عَلَيْهِمْ ؕ وَمَا هُمْ بِخٰرِجِيْنَ مِنَ النَّارِ*
“Dan berkatalah orang-orang yang mengikuti (panutan yang salah): ‘Seandainya kami dapat kembali (ke dunia) sekali lagi, pasti kami akan berlepas diri dari mereka, sebagaimana mereka berlepas diri dari kami’. Demikianlah Allah memperlihatkan kepada mereka bahwa amal perbuatannya (dulu di dunia) menjadi sesalan bagi mereka; dan sekali-kali mereka tidak akan keluar dari api neraka.” (QS.2:167)

About Has 241 Posts

Do not criticize too much, too much criticism leads to hate and bad behaviour. -Imam Ali (AS)

Leave a Reply