21 Maret, Joseph Baron Fourier lahir dan peristiwa-peristiwa bersejarah di dunia

By alle
In Artikel Pendidikan
March 21, 2012
0 Comments
1803 Views

Joseph Baron

Tanggal 21 Maret tahun 1768, Joseph Baron Fourier, seorang matematikawan sekaligus fisikawan terkenal Perancis terlahir ke dunia. Kehebatannya di bidang matematika menyebabkan,  Fourier diundang menjadi guru besar di bidang matematika di Universitas Perancis sejak universitas itu didirikan. Penemuannya di bidang studi matematika juga menandai sejarah baru dunia matematika. Ia berhasil menemukan sebuah formula bilangan yang diberi nama dengan namanya sendiri, yaitu “Formula Fourier”. Melalui formula ini, ia berhasil mengidentifikasi seluruh varian bilangan nyata. Fourier meninggal dunia pada tahun 1850.

Perang PLO Melawan Israel

Tanggal  21 Maret 1968, terjadi perang hebat antara para gerilyawan yang tergabung ke dalam Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dengan tentara Zionis Israel. PLO adalah gerakan perjuangan bersenjata rakyat Palestina yang didirikan  tiga tahun sebelumnya, yaitu tahun 1965. Sistem organisasi yang rapi serta  isu merebut kemerdekaan dari tangan Israel, membuat organisasi ini dengan cepat memperoleh simpati para pemuda Palestina. Inilah yang membuat Tel Aviv sangat mengkhawatirkan organisasi ini. Karena itu, pada tanggal tersebut, tentara Israel yang dilengkapi dengan peralatan perang yang canggih menyerang markas PLO yang saat itu berada di Kamp Pengungsi Karamah yang berada di perbatasan Jordania. Dalam perang itu, gerilyawan PLO berhasil menghabisi nyawa sekitar 1.230 tentara Zionis. Tank-tank baja milik tentara Zionis juga banyak yang dihancurkan atau direbut. Perang PLO Melawan Israel Peristiwa ini membuat PLO semakin poluler dan diperhitungkan di dunia. Akan tetapi, pada tahun 1991, pemimpin PLO Yaser Arafat memutuskan untuk mengubah haluan gerakan dari perjuangan militer menjadi perjuangan diplomatis. Arafat berharap perundingan-perundingan bisa menjadi cara terbaik guna memperoleh kembali hak-hak bangsa Palestina yang sudah dirampas. Hanya saja, harapan itu ternyata tinggal angan-angan. Perubahan haluan perjuangan PLO tersebut malah semakin memberikan peluang bagi Zionis Israel untuk melakukan berbagai kesewenang-wenangan di tanah Palestina. Akibatnya, popularitas Arafat dan PLO semakin menurun.

Namibia Merdeka

Namibia MerdekaTanggal  21 Maret 1990, Namibia memperoleh kemerdekaannya dari kekuasaan Afrika Selatan, dan hari ini dijadikan hari Nasional Namibia. Sejarah kolonialisme di Namibia bermula pada abad ke-19. Saat itu, negera-negara seperti Jerman, Inggris, dan Portugis memperebutkan  Namibia yang kaya hasil bumi itu. Jerman yang berhasil menang dalam perebutan ini, menamai Namibia sebagai Afrika Barat Daya. Setelah PD I yang menimpakan kekalahan kepada Jerman dan didirikannya Liga Bangsa-bangsa, Namibia diserahkan ke bawah protektorat Inggris dan disatukan dengan Afrika Selatan.   Sistem pemerintahan apartheid yang diterapkan oleh Afsel menimbulkan kemiskinan dan keterbelakangan di tengah rakyat Namibia. Sejak tahun 1960, mereka bangkit berjuang menentang pemerintahan rasialis Afsel. Namun, atas dukungan negara-negara Barat, kekuasaan Afsel atas Namibia terus berlangsung hingga tahun 1990, ketika Namibia meraih kemerdekaan penuh.

Pembantaian Sharpeville

Dengan latar belakang pergerakan kaum kulit hitam Afrika Selatan, pemerintahan apartheid yang dipimpin Hendrik Verwoerd menyatakan pelarangan terhadap pergerakan-pergerakan itu dan melakukan segregasi yang lebih besar lagi. Pembantaian SharpevillePada saat itu, Kongres Nasional Afrika (ANC) memutuskan berkampanye melawan apartheid pada 31 Maret 1960, tetapi didahului Kongres Pan Afrika (PAC) pada 21 Maret karena mereka beranggapan ANC impoten. Ketika hari H, sekitar 5.000 hingga 7.000 demonstran berbaris menuju kantor polisi lokal untuk menyerahkan diri karena tidak membawa pass book, sebuah aksi yang kemudian menimbulkan kericuhan serius antara polisi dan demonstran. Sebanyak 69 orang terbunuh dan sekitar 180 lainnya luka-luka karena lontaran peluru polisi, sebagian besar dari mereka wanita dan anak-anak. Pembantaian Sharpeville pada hari itu akan selalu dikenang dan diperingati sebagai Hari Penghapusan Diskriminasi Rasial.

Penjara Alcatraz Ditutup

Tanggal 21 Maret 1963, penjara Alcatraz di Teluk San Francisco ditutup dan tawanan terakhirnya dipindahkan. Pada masa puncak penggunaan fasilitas tersebut pada 1950-an, dengan daya tampung 200 narapidana, Alcatraz menjadi ikon penjara-penjara AS dan rekor sebagai penjara yang tidak dapat ditembus. AlcatrazPulau berbatu seluas lebih dari 48.500 meter persegi di 2,4 kilometer seberang San Francisco itu menyuguhkan tampilan pengamanan yang paling maju pada masanya dengan penggunaan detektor logam. Alcatraz ditemukan Juan Manuel de Ayala pada 1775. Ia kemudian menjulukinya Isla de los Alcatraces karena kehadiran burung-burung pelikan di sana. Lalu, penjara tersebut dijual pada 1849 kepada pemerintah AS. Penjara itu bahkan pernah menjadi benteng ketika terjadi Perang Saudara di AS. Alcatraz sempat dipersengketakan sebelum akhirnya pada 1972 dimasukkan sebagai Area Rekreasi Nasional Golden Gate dan dinyatakan terbuka untuk tujuan kepariwisataan.

Tabrakan Kapal Militer AS & Soviet

Tanggal 21 Maret 1984, kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Kitty Hawk (CV-63) bertabrakan dengan sebuah kapal selam tempur Uni Soviet, Victor Class (Project 671). Insiden itu berlangsung di Laut Jepang (Laut Timur). Kendati tak ada korban jiwa, tabrakan itu memiliki risiko tinggi mengingat kapal selam Soviet menggunakan tenaga nuklir dan membawa torpedo berhulu ledak nuklir. Kapal USS Kitty Hawk saat itu juga membawa senjata nuklir. Tabrakan Kapal Militer AS & SovietTabrakan terjadi saat USS Kitty Hawk baru menjalani latihan tempur dengan kode Team Spirit. Rupanya, kapal induk itu sudah diintai berhari-hari oleh kapal selam Soviet. Kendati tabrakan itu tidak menimbulkan kerusakan parah, USS Kitty Hawk harus diperbaiki di pangkalan militer AS di Teluk Subic, Filipina. Rupanya terdapat sebuah sekrup dari kapal selam Soviet yang tersangkut di lambung kapal induk itu. Setelah melaut selama lebih dari 47 tahun, kapal induk yang mampu membawa 85 unit pesawat dan 5.624 awak itu memasuki masa purnabakti dan tak lagi digunakan sejak 31 Januari 2009. Peran Kitty Hawk selanjutnya diganti oleh kapal induk baru, USS George H.W. Bush. (IRIB Indonesia)

About Has 20 Posts

"Everything should be as simple as possible, but not simpler." - Albert Einstein

Leave a Reply